Saturday 20 February 2016

7 langkah merawat luka dengan tekhnik balutan modern

7 langkah merawat luka dengan tekhnik balutan modern (bag1)

Ketika melihat foto ini kebanyakan orang akan menghindar bahkan memalingkan wajah. Namun diantara kita ternyata ada beberapa orang yang mempunyai skill dan kelayakan khusus dalam menangani luka luka seperti ini.
Siapakah dia ? Perawat luka. perawat luka dewasaini diindonesia muncul sebagai pemberi layanan kesehatan bagi penderita luka luka yang kronis dan sulit sembuh. Percaya atau tidak peran perawat luka sangat penting, penderita dengan luka kronis biasanya menghadapi ancaman amputasi, dengan penanganan perawat luka profesional  resiko amputasi bisa dihindari lho,, bahkan dalam beberapa kasus ketika dokter sudah memvonis amputasi kemudian penderita ditangani oleh perawat luka banyak diantaranya batal amputasi,, ko bisa ya? yuk kita simak 10 langkah perawatan luka dengan teknik balutan modern dibawah ini.


1. Kenali Penyebab
Sebelum kita merawat luka kronis seperti ini, hal pertama yang diperlukan adalah mengenali penyebab luka terjadi. Kebetulan dalam foto ini adalah penderita luka bakar karena terapi batu. Penderita tidak sadar kakinya melepuh saat menjalani terapi dengan batu karena kakinya mengalami baal/ mati rasa.
2.Kenali faktor penyulit
Apa sih yang memnyebabkan luka menjadi kronis? adanya faktor penyulit. benar faktor penyulit biasanya menjadi penyebab proses penyembuhan luka terganggu dan menjadi kronis. Nah faktor penyulit ini berbeda beda lho. ada nutrisi, penyakit penyerta, infeksi dan yang sering terlewatkan adalah faktor psikologis, loh apa hubungannya psikologis dengan luka? insya allah penulis akan bahas ya di tulisan berikutnya. Dalam foto ini penyulitnya adalah penyakit DM sehingga luka sulit sembuh.
3. Persiapan dasar luka
Persiapan dasar luka merupakan proses pembersihan luka dari jaringan jaringan mati sampai dasar luka terlihat. dasar luka yang kita harapkan berwarna merah segar karena selain warna itu pasti ada faktor penghambat penyembuhan luka. sebelum dasar luka berwarna merah segar niscaya luka kronis tidak akan sembuh. Dalam persiapan dasar luka beberapa langkah yang jelas perawat luka akan membuang jaringan mati sampai dasar luka terlihat. untuk mempersiapkan dasar luka perlu skill skill khusus yang masyarakat bahkan tenaga kesehatan pun belum tentu memilikinya...
(bersambung ke bag 2)
Ns. abi sufyan harits, CWCCA
konsultasi 085641705560
bersambung ke bagian 2........

No comments:

Post a Comment

iklan perawatan luka

iklan